PANDU DUNIA ( Part 2 )

pos kali ini adalah kelanjutan dari pos ” Siapakah Bapak Pramuka Dunia ? ” Semoga bermanfaat !!!

Ny. Henrietta Grace memasukan BP ke Charterhouse Scool di tahun 1870.

Selain pandai belajar sehingga BP meraih besiswa, BP juga mengikuti banyak kegiatan ekstra seperti :

  • Marching Band
  • Klub menembak (Rifle Chorps)
  • Teater, kegemarannya ini terus digeluti hingga sering tampil dalam berbagai pementasan drama bersama sahabatnya Kenneth Mc Laren.
  • Melukis dan menggambar, gambar/illustrasi sering mengisi karya tulisnya
  • Kipper keseblasan Charterhouse.

Di Charterhouse School inilah BP mendapat julukan lainya, yaitu “Bathing-Towel”.

Badon Powel Part 2Di usia 19 tahun BP menamatkan sekolah di Charterhouse School. Kemudian memutusan untuk bergabung dengan dinas kemiliteran, atas bantuan pamannya kolonel Henry Smyth, komandan dari Royal Military Academy di Woolwich.

Setelah lulus dari akedemi militer tersebut BP ditempatkan di India, dengan pangkat pembantu letnan.

Pengalaman BP di ketentaraan inilah yang nantinya akan banyak mempangaruhi perkembangan berdirinya gerakan kepanduan di Inggris.

BP dikenal sebagai orang yang pandai bergaul dan banyak kawannya. Salah seoarang sahabat terdekat adalah Kenneth Mc Laren. Kebersamaan mereka telah menghasilkan banyak pengalamanan baik dalam kedinasan, pementasan drama, maupun berburu hewan liar (babi hutan).

Selama bertugas di Afrika, Baden-powell banyak melakukan petualangan sehingga pengalaman-pengalamannya makin bertambah. karena keberaniannya, Baden-Powell mendapat julukan IMPEESA dari suku-suku setempat seperti : Zulu, Ashanti dan Metebele. Impeesa mempunyai arti “Srigala yang tidak pernah tidur”.

Pada tahun 1908, Baden-Powell menulis

buku Scouting For Boys, sebuah

mahakarya[1] yang sangat spektakuler.

Buku inilah yang mengakibatkan

perkembangan kepanduan

semangkin besar. Buku

ini menyebar diseluruh

daratan Eropa sampai ke

daerah-daerah jajahan.

Pada tahun 1910, Baden-Powell

meletakkan jabatanya didinas

ketentaraan dengan pangkat terkhir

adalah Letnan Jendral. Mulailah

Badden-Powell berkonsentrsi penuh

untuk mengembangkan kepanduan

kesuruh dunia.

Pada tahun 1912, Baden-Powell

mengadakan perjalanan keliling dunia

untuk menemui para pandu diberbagai Negara. Baden-Powell menikah dengan Olave St. Clair Soames (lady Baden-Powell) pada tahun tersebut, dan kemudian dikaruniai tiga orang anak yaitu Peter, Heather dan Betty.

Boden Powell  Pada tahun 1920, para pandu sedunia berkumpul di Olimpia, London, Inggris dalam acara jamboree dunia yang pertama. Pada hari terakhir kegiatan Jambore tersebut (6 Agustus 1920) Baden-Powell diangkat sebagai Chief Scout Of The World atau bapak pandu sedunia. Baden-Powell juga dianugrahi gelar Lord Baden-Powell Of Gilwell, dengan julukan Baron oleh Raja George V.

Setelah keliling dunia, termasuk mengunjungi Batavia (sekarang-Jakarta) pada tanggal 3 Desember 1934, sepulangnya dari meninjau Jambore di Australia[2], BP beserta Lady Baden-Powell menghabiskan masa-masa akhirnya di Inggris (sekitar tahun 1935-1938). Kemudian Baden-Powell kembali ke tanah yang amat dicintainya, Afrika.

Baden-Powell menghabiskan masa tuanya di Nyeri, Kenya. Beliau akhirnya wafat pada tanggal 8 Januari 1941 dan diantar di atas kereta yang ditarik oleh para pandu yang sangat mencintainya ketempat peristirahatan terahir.


[1] Buku yang menggambarkan dunia, dan sampai saat ini merupakan sebuah MASTERPIECE dan BEST SLLER, Buku yang membuat kepanduan akhirnya diterima dan didirikan banyak Negara.

[2] Peristiwa yang tidak akan dilupakan oleh para pandu Nasional kita, sebab pada saat Lord Baden-Powell dan Lady Baden-Powell mengunjungi Indonesia, yang boleh menyambut beliau hanya para pandu Belanda yang tergabung dalam NIPV.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s